BERITACEH.co, Lhokseumawe | Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Aceh menggelar event tahunan Open House Kompetisi Vokasi 2022, seorang pemuda binaan PT PIM meraih juara 1 dalam Kompetisi Barber Battle mengalah puluhan Barberman seluruh Aceh.
Open House Kompetisi Vokasi 2022 di peruntukkan bagi pemuda bebakat yang punya skill dan layak di uji dan adu keahliannya, tujuan kompetisi untuk menjaring SDM yang siap diorbit menjadi professional dibidangnya, selain Berber Battle digelar juga lomba Fashion Design, Barista dan kompetisi bidang lain.
Barber Battle salah satu bidang Vokasi yang sangat ramai peminat, ada sekitar seratusan lebih peminat yang mendaftar walaupun quota yang terpilih untuk ikut kompetisi sebanyak 46 orang yang memenuhi syarat untuk dilombakan.
PT Pupuk Iskandar Muda sebagai mitra kerja BPVP aceh mengirim 3 (orang) Barberman pemuda binaan jebolan pelatihan Center Perusahaan di program Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) periode Agustus 2022, yang juga program kerjasama BPVP dan FKLPID Aceh.
Assistan Vice President TJSL Jufri mengatakan “ Barberman binaan TJSL PIM yang kut kompetisi kali ini adalah orang-orang terbaik yang diseleksi secara akurat baik disegi Soft Skill dan Hard Skill.
“Kita tidak sembarang mengirim karena kita punya target terhadap anak-anak binaan kita ini, dan target untuk juara itu pasti, dan alhamdulillah sesuai yang diprediksikan, salah satu anak dari 3 anak binaan yang kita kirim Rama Dani asal Krueng Geukueh meraih 1 menggeser para senior yang jauh lebih berpengalaman event-event daerah maupun nasional,” ungkapnya.
Syukurnya lagi, Rama Dani dipercaya menjabat sebagai ketua Sahabat Barber “ SABER ” Lhoksemawe dan Aceh Utara.
“Ini suatu kebanggan bagi kami PT Pupuk Iskandar Muda berhasil membawa nama daerah dan anak-anak binaan kami ke ajang kompetisi bergengsi dan menjadi juara,” tambah Jufri.
Diterangkan, TJSL PT PIM aktif melakukan berbagai upaya untuk memberdayakan masyarakat disekitar perusahaan, salah program yang dijalankan secara Sustainable adalah program Youth Entrepreneurship (YES), sasarannya, anak muda usia produktif di lingkungan perusahaan.
Mereka dipilih dan diberikan pelatihan-pelatihan sesuai minat dan potensi yang dimiliki. Terbukti strategi tersebut sangat efektif. Setidaknya 64 pemuda dan pemudi sudah dilatih dan mendapat sertifikasi nasional dalam kurun waktu setahun belakangan ini.
Pelatihan-pelatihan tersebut bekerjasama dengan Lembaga pelatihan resmi dari pemerintah dibawah Kementerian Tenaga Kerja dan lembaga sertifikasi nasional BNSP dengan melakuakn kesepakatan antar pihak yang tertuang dalam MoU demi terberdayanya masyarakat dilingkungan perusahaan, itu satu bukti bahwa PT PIM berkomitmen peduli dan peka terhadap kebutuhan masyarakat di lingkungan perusahaan.